Ayat Sajadah di dalam Al-Quran yang Disunnahkan Melakukan Sujud Tilawah

Di dalam al-Quran terdapat ayat-ayat yang disebut sebagai ayat sajadah (ايات السجدة). Hal ini disebabkan ketika Nabi membaca salah satu dari ayat sajadah tersebut beliau melakukan sujud tilawah. Lalu diikuti oleh para sahabat. 

ayat sajadah dalam alquran
ayat sajadah

Perbedaan Pendapat Hukum Sujud Tilawah

Di dalam kitab Haqqut tilawah menyebutkan bahwa para ulama fikih berbeda pendapat terkait hukum melakukan sujud tilawah. Imam Hanafi dan pengikutnya berpendapat bahwa sujud tilawah hukumnya wajib. Artinya, ketika membaca ayat-ayat sajadah maka wajib melakukan sujud tilawah. 

Hal ini berbeda dengan pendapat Imam Syafi'i, Imam Malik dan Imam Ahmad. Jumhur ulama memberikan hukum sunnah dalam melakukan sujud tilawah. 

Syarat dan Rukun Sujud Tilawah

Sujud tilawah mempunyai syarat sebagaimana rukunnya salat; suci dari hadas, niat dan menghadap kiblat. Sedangkan untuk rukun sujud tilawah, para ulama berbeda pendapat. 

Rukun sujud tilawah menurut imam Syafii dan imam Ahmad bin Hanbal adalah sebagai berikut;

  1. Niat
  2. Mengucap takbiratul ihram
  3. Lalu sujud
  4. Duduk tanpa membaca bacaan apapun
  5. kemudian mengucapkan salam. 

Hal ini berbeda dengan Imam Hanafi dan Maliki. Rukun sujud tilawah pada pendapat beliau berdua adalah; niat lalu sujud di antara dua takbir. 

Jumlah Sujud Tilawah di dalam Al-Quran

Lagi-lagi, ulama berbeda pendapat dalam hal jumlah sujud tilawah di dalam al-Quran. Imam Syafii, Hanbali dan Hanafi menyebutkan terdapat 14 ayat sujud tilawah di dalam al-Quran. Sedangkan Imam Malik menyebutkan hanya ada 11 ayat sujud tilawah di dalam al-Quran. 

Berikut ini adalah belasan ayat sujud tilawah di dalam al-Quran yang disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah. Saya akan memberikan gambaran tentang sujud tilawah dari berbagai mazhab yang saya ambil dari kitab Haqqut tilawah. 

15 Ayat Sujud Tilawah

Ayat-ayat yang saya sebutkan di bawah ini adalah ayat-ayat yang disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah. 

1. QS. Al-A'raf ayat 206 


2. QS. Al-Ra'du ayat 15


3. QS. An-Nahl ayat 50


4. QS. Al-Isra' ayat 109


5. QS. Maryam ayat 58


6. QS. Al-Haj ayat 18 


7. QS. al-Hajj ayat 77


8. QS. Al-Furqan ayat 


9. QS. An-Naml ayat 26


10. QS. As-Sajadah ayat 15


11. QS. Shad ayat 24


12. QS. Fussilat ayat 28


13. QS. An-Najm ayat 62


14. QS. Al-Insyiqaq ayat 21


15. QS. al-Alaq ayat 19


Tata Cara Sujud Tilawah

Sujud tilawah ada kalanya dalam keadaan salat, ada kalanya di luar salat. Jika sujud tilawah dalam keadaan salat, maka ketika menemukan ayat sujud tilawah langsung sujud saja, tidak perlu takbir lagi. 

Hal ini berbeda ketika berada di luar salat. Jika menemukan ayat sujud tilawah, maka ketika hendak melakukan sujud tilawah harus melakukan takbir terlebih dulu, lalu sujud tilawah, duduk lalu salam. 

Simpulan

Demikianlah penjelasan tentang ayat-ayat sajadah di dalam al-Quran yang disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah. Ulama memang memiliki pendapat yang berbeda-beda di dalam menentukan ayat sajadah, bahkan tidak sedikit yang berbeda tempatnya. 

Oleh karena demikian, perbedaan tersebut seyogianya dilihat dari sisi yang paling mudah saja, bahwa perbedaan pandangan dalam bidang fikih tersebut sangatlah manusiawi bahkan sangat biasa ditemukan di dalam pendapat-pendapat pada umumnya. 

Semoga artikel tentang sujud tilawah ini memberikan manfaat. 

Post a Comment for "Ayat Sajadah di dalam Al-Quran yang Disunnahkan Melakukan Sujud Tilawah"