Pengertian Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah; Apa saja Huruf-hurufnya?

Ketika mempelajari ilmu tajwid untuk membaca al-Qur'an, sering sekali umat muslim akan menjumpai pembahasann terkait hukum bacaan alif lam. Jadi, sekarang pembahasannya adalah tentang perngertian dan hukum bacaan alif lam syamsiah dan alif lam qamariyah.

pengertian alif lam Qamariyah - ilmutajwid.my.id
al-syamsiyah dan al-qamariyah

Pada umumnya, hukum alif lam dalam ilmu tajwid atau cara membaca alquran yang baik terbagi menjadi dua jenis yang telah disebutkan tadi, yakni terdiri dari bacaan alif lam syamsiah dan alif lam qamariyah.

Pengertian Alif Lam Syamsiyah

Alif lam syamsiah merupakan hukum bacaan tajwid ketika huruf lam (ل) tersebut harus dibaca idgham atau tidak dibaca jelas (masuk ke dalam huruf berikutnya atau bunyinya melebur).

Huruf-Huruf al Syamsiyah

Huruf al-Syamsiyah ada 14. Berikut ini adalah huruf-huruf al-Syamsiyah; ta (ت), tsa (ث), dal (د), dzal (ذ), ra (ر), za (ز), sin (س), syin (ش), shod (ص), dhod (ض), tho (ط), dhlo (ظ), lam (ل), nun (ن). 

Biasanya, ciri dari bentuk alif lam syamsiah ialah terdapat tanda tasydid pada huruf setelah al tersebut. Jadi alif lam masuk (idgham) pada huruf setelahnya yang ada 14 di atas.

Contoh Bacaan al-Syamsiyah

Berikut ini adalah contoh-contoh bacaan al-Syamsiyah.

اَلرَّحۡمٰنُۙ, cara membacanya arrahman
الضَّلاَلَةَ, cara membacanya addhalaalah
الصَّلاةَ, cara membacanya asshalaati
الصَّالِحَاتِ, cara membacanya assha-likhati
الشَّجَرَةَ, cara membacanya assyajarata

Beberapa contoh di atas, huruf alim lam tidak dibaca atau masuk (idgham) ke dalam huruf selanjutnya.

Pengertian Alif Lam Qamariyah

Alif lam qamariyah merupakan salah satu hukum bacaan tajwid ketika huruf lam (ل) harus dibaca secara jelas ketika bertemu dengan salah satu dari 14 huruf hijaiyah. Adapun 14 huruf tersebut adalah sebagaimana dijelaskan berikut

Huruf-huruf Alif Lam Qamariyah 

Huruf-huruf dari alif lam qamariyah adalah sebagai berikut ini; ba (ب), jim (ج), kha (ح), kho (خ), ‘ain (ع), ghoin (غ), fa (ف), qof (ق), kaf (ك), mim (م), wawu (و), hamzah (ء), ha (ه), ya (ي). Adapun ciri bacaan ini ialah huruf lamnya memiliki tanda baca sukun atau mati (ْ), sehingga dilafalkan dengan jelas.

Contoh Alif Lam Qamariyah

Berikut contoh kata yang termasuk bacaan alif lam qamariyah:

الغيب, dibaca alghaib
اَلْفُرْقَانَ, dibaca alfurqan
اَلْغَفُوْرَ, dibaca alghafur

Contoh di atas alif lam dibaca jelas karena memang bertemu dengan huruf-huruf al-Qamariyah.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah. Semoga kita semua mendapatkan pahala dan dilancarkan dalam mempelajari sekaligus mendalami al-Qur'an. 

Post a Comment for "Pengertian Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah; Apa saja Huruf-hurufnya?"