Pengertian Izhar Halqi dan Contoh Lengkapnya

Di dalam ilmu tajwid terdapat hukum bacaan izhar halqi. Hukum bacaan ini termasuk dalam ruang lingkup hukum Nun mati (sukun) dan tanwin. Izhar halqi berbeda dengan izhar mutlaq/wajib. Perbedaan itu tidak hanya pada letaknya dalam satu kalimat atau bukan, tetapi juga pada ranah huruf-hurufnya. Pada kesempatan artikel kali ini akan membahas khusus tentang izhar halqi saja. 

huruf izhar halqi dan contonya
izhar halqi-ilmutajwid.my.id

Apa pengertian Izhar Halqi? 

Pengertian izhar halqi adalah membaca dengan jelas ketika nun sukun (نْ) atau tanwin (ــًـــٍـــٌ) bertemu dengan huruf halaq atau sering juga disebut huruf halqi. Pertemuan antara keduanya itulah yang menyebabkan diberi nama hukum bacaan izhar halqi. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian izhar halqi adalah membaca secara jelas, tidak boleh dengung dan samar-samar. 

Lalu, apa saja huruf halqi? 

Huruf Halqi ada Enam

Huruf halqi ada 6 saja di antara huruf hijaiyah. Huruf halaq tersebut adalah sebagai berikut;

  1. ء
  2. ح
  3. خ
  4. ع
  5. غ
  6. هـ

Ke enam huruf tersebut dinamakan huruf halaq karena makhrajnya berada pada tenggorokan (halaq). Mulai dari ujung tenggorokan hingga pangkal tenggorokan. 

Perhatikan gambar di bawah ini 

huruf halaq

Gambar di atas secara gamblang memberikan pengertian bahwa makhraj dari ke enam huruf halqi adalah di tenggorokan. Jadi perlu diperhatikan ketika membaca ke enam huruf halaq tersebut. Perhatian itu mengenai pangkal tenggorokan, tengah tenggorokan dan ujung ternggorokan. 

Contoh Bacaan Izhar Halqi

Contoh bacaan izhar halqi di dalam alquran sangat banyak sekali. Saya akan memberikan contoh-contoh tersebut seperlunya agar mendapatkan gambaran yang jelas terkait contoh bacaan izhar halqi tersebut. 

QS. Ali Imran ayat 7 

 كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ رَبِّنَا

Nun sukun bertemu dengan huruf ain. Harus dibaca jelas tanpa dengung dan tanpa samar. Cara bacanya kullum min indi rabbina.

QS. Ali Imrat ayat 37

وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ

Tanwin bertemu dengan huruf ha'. Harus dibaca jelas tanpa berdengung dan samar. Cara bacanya adalah nabaatan hasana.

QS. Ali Imran ayat 41

ثَلٰثَةَ اَيَّامٍ اِلَّا رَمْزًا

Tanwin bertemu dengan hamzah atau alif. Harus dibaca jelas tanpa berdengung dan tanpa samar. Cara bacanya adalah ayyamin illa ramzaa.

QS. Ali Imrat ayat 75

 وَمِنْهُمْ مَّنْ اِنْ تَأْمَنْهُ بِدِيْنَارٍ

Nun sukun bertemu dengan huruf ha. Harus dibaca jelas tidak boleh samar dan berdenguung. Cara bacanya adalah sebagai berikut; min humman in ta'manhu.

QS. Al-Mulk ayat 14

اَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَۗ

Nun sukun bertemu dengan huruf kha' maka harus dibaca jelas, tidak boleh berdengung atau samar. Cara bacanya adalah sebagai berikut; alaa ya'lamu man khalaq.

QS. An-Naml ayat 12

مِنْ غَيْرِ سُوْۤءٍۙ

Nun sukun bertemu huruf ghain harus dibaca jelas, tidak boleh berdengung dan samar-samar. Cara bacanya adalah min ghairi suuuin. 

Simpulan dan Penutup

Demikianlah penjelasan tentang pengertian izhar halqi, huruf-huruf izhar halqi dan contoh-contoh izhar halqi. Disebut sebagai huruf halaq sebab makhrajnya berada di halaq artinya tenggorokan. Cara membacanya adalah dengan jelas. Tidak boleh berdengung dan samar-samar. 

Huruf izhar halqi ada 6 yaitu hamzah, ha, kha, ain, ghain dan ha'. Semoga artikel ini bermanfaat dan Allah ﷻ memberikan kemudahan kepada kita dalam mempelajari al-Quran sekaligus mengamalkannya. 

Post a Comment for "Pengertian Izhar Halqi dan Contoh Lengkapnya"