5 Pembagian Hukum Nun Sukun dan Tanwin

Di dalam ilmu tajwid, pada bab-bab awal pasti menemukan pembahasan tentang pembagian hukum nun sukun dan tanwin. Hal ini karena nun sukun dan tanwin adalah termasuk bacaan yang paling sering ditemukan. Oleh sebab itu, pada tulisan kali ini adalah pembahasan tentang pembagian nun sukun dan tanwin. 

5 Hukum nun sukun dan tanwin

Hukum Nun Sukun dan Tanwin

Nun sukun dan tanwin selalu disandingkan karena antara nun sukun dan tanwin memiliki hukum yang sama. Baca: Tentang Nun sukun dan tanwin yang hukumnya sama. Beberapa contoh dan alasan sudah dicantumkan pada artikel tersebut, silakan untuk dirujuk dan dibaca.

Untuk meringkasnya akan dicantumkan di sini sebagian keteragannya. Intinya adalah antara sukun (ــْـ) dan tanwin (ـــًـــٍـــٌ)  memiliki hukum yang sama karena cara membacanya adalah sama. Silakan tonton video berikut ini;


5 Hukum Nun Sukun dan Tanwin

Pembaagian hukum nun sukun dan tanwin ini ada lima hukum. Lima hukum tersebut adalah sebagai berikut

  1. Idgham Bighunnah. Penjelasan mengenai idgham bighunnah silakan baca tulisan berjudul pengertian idgham bighunnah disertai contohnya.
  2. Idgham Bilaghunnah. Penjelasan mengenai idgham bilaghunnah secara lebih lengkap dan detail silakan baca tulisan berjudul pengertian idgham bilaghunnah disertai contohnya.
  3. Iqlab
  4. Ikhfa
  5. Izhar Halqi.

Dalam hal izhar terbagi menjadi dua, yaitu izhar halqi dan izhar wajib atau izhar mutlak. Penjelasan tentang izhar halqi silakan baca artikel berjudul pengertian izhar halqi dan contohnya di dalam alquran. Sedangkan, penjelasan tentang izhar wajib atau izhar mutlak silakan baca tulisan berjudul pengertian izhar mutlak dan contohnya di dalam alquran.

Demikianlah penjelasan tentang pembagian hukum nun sukun atau tanwin di dalam ilmu tajwid. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat. Silakan jika ada yang bertanya bisa di kolom komentar.

Post a Comment for "5 Pembagian Hukum Nun Sukun dan Tanwin"