Apa itu Idgham bi Ghunnah disertai Contoh yang Lengkap Mudah Dipahami

Ketika sedang membaca alquran harus memahami tentang kaidah membaca Al-Qur'an yang disebut ilmu tajwid. Salah satu kaidah ilmu tajwid adalah Igham Bighunnah yang menjadi hukum bacaaan ketika membaca Al-Qur'an. Apa itu bacaan idgham bi ghunnah dan apa saja contoh-contoh bacaan idgham bi ghunnah? dan apa saja huruf idgham bi ghunnah?

Sebenarnya idgham ini sangat berkaitan dengan ilmu sharaf (Wawan, 2015), namun sepertinya pembahasan itu terlalu jauh dan njelimet. Jadi, artikel ini cukup secara sederhana saja membahas tentang idgham bighunnah.

apa itu idgham bi ghunnah contoh-contonya
bacaan idgham bi ghunnah

Apa itu Idgham Bi ghunnah?

Idgham bi ghunnah tersusun dari dua kata, yaitu idgham dan bi ghunnah. Idgham artinya memasukkan (huruf), sedangkan bi ghunnah artinya berdengung

Sedangkan, secara istilah ilmu tajwid Idgham bi ghunnah atau yang disebut juga idgham ma'a al-ghunnah adalah setiap Nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ya', wau, mim dan nun tidak dalam satu kalimat. 

Nama lain idgham bi ghunnah adalah idgham ma'a al-ghunnah.

Huruf-huruf Idgham Bi Ghunnah

Apa saja huruf idgam bi ghunnah? Huruf idgham bi ghunnah hanya ada empat (4), yaitu huruf Ya', Wau, Mim dan Nun. Hal yang harus dicatat adalah bahwa bacaan idgham bi ghunnah harus ada di lain kalimat. Jika dalam satu kalimat namanya izhar mutlaq.

Artinya nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf idgham bi ghunnah harus di lain kalimat. Agar memudahkan pemahaman, berikut ini adalah contoh-contoh bacaan idgham bi ghunnah yang harus di lain kalimat, bukan di dalam satu kalimat. 

Apa saja contoh-contoh Idgham Bi Ghunnah?

Berikut ini adalah contoh-contoh di dalam al-Quran tentang bacaan Idgham Bi Ghunnah. Meskipun ada juga yang menulis contoh idgham bigunah.

QS. Ali Imran: 13 (Nun/tanwin bertemu Ya')

قَدْ كَانَ لَكُمْ اٰيَةٌ فِيْ فِئَتَيْنِ الْتَقَتَا ۗفِئَةٌ تُقَاتِلُ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَاُخْرٰى كَافِرَةٌ يَّرَوْنَهُمْ مِّثْلَيْهِمْ رَأْيَ الْعَيْنِ ۗوَاللّٰهُ يُؤَيِّدُ بِنَصْرِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّاُولِى الْاَبْصَارِ - ١٣

Artinya 

"Sungguh, telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang berhadap-hadapan. Satu golongan berperang di jalan Allah dan yang lain (golongan) kafir yang melihat dengan mata kepala, bahwa mereka (golongan Muslim) dua kali lipat mereka. Allah menguatkan dengan pertolongan-Nya bagi siapa yang Dia kehendaki. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan (mata hati)."

Perhatikan ayat yang diberi tanda warna kuning

كَافِرَةٌ يَّرَوْنَهُمْ Cara bacaanya adalah Kaafiratuyyaraunahum. Tanwin masuk pada huruf ya. Bukan kafiratun yaraunahun, melainkan Kaafiratuyyaraunahum. Harus ada berdengungnya. 

 مَنْ يَّشَاۤءُ Cara bacanya adalah Mayyasyaa'. Tanwin masuk pada huruf ya'. Bukan dibaca man yasyaa, melainkan Mayyasyaa'. Harus ada dengungnya pula. 

QS. Ali Imran: 15 (Nun/sukun bertemu Wawu)

۞ قُلْ اَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِّنْ ذٰلِكُمْ ۗ لِلَّذِيْنَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا وَاَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّرِضْوَانٌ مِّنَ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ بَصِيْرٌۢ بِالْعِبَادِۚ - ١٥

Artinya
Katakanlah, “Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) di sisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta rida Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.

Perhatikan ayat yang diberi tanda warna kuning 

مُّطَهَّرَةٌ وَّرِضْوَانٌ Cara bacanya adalah Muthahhatuwwaridhwaan. Tanwin masuk pada huruf waw disertai berdengung. 

Nun/Sukun bertemu Mim

Contoh nun/sukun bertemu dengan mim bisa dilihat ayat sebelumnya QS. Ali Imran: 15 perhatikan kata yang ditandai warna merah. 

بِخَيْرٍ مِّنْ ذٰلِكُمْ Dibaca khairimmin dzalikum.

 وَاَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ Dibaca azwajummthohharatun

وَّرِضْوَانٌ مِّنَ اللّٰ Dibaca ridhwanumminallah

QS. Ali Imran; 22 Nun Sukun/Tanwin bertemu Nun

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ حَبِطَتْ اَعْمَالُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۖ وَمَا لَهُمْ مِّنْ نّٰصِرِيْنَ - ٢٢

Artinya
Mereka itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.

مِّنْ نّٰصِرِيْنَ  Cara bacanya Minnaashirin.

Dibaca idgham sekaligus berdengung. 

Simpulan

Dari penjelasan tentang apa itu idgham bi ghunnah dan contohnya. Harus dipertegas lagi bahwa syarat dari idgham bi ghunnah selain bertemu dengan huruf ghunnah adalah, pertemuan tersebut harus di lain kalimat. Perhatikan lagi contoh-contoh di atas, semuanya terletak pada lain kalimat, bukan di dalam satu kalimat. 

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah. Jika ada pertanyaan silakan di kolom komentar. Semoga artikel tentang apa itu idgham bi ghunnah ini bisa bermanfaat. 

Post a Comment for "Apa itu Idgham bi Ghunnah disertai Contoh yang Lengkap Mudah Dipahami"