Pengertian Ghunnah Musyaddah dan Apa saja huruf Ghunnah?

Membaca al-Quran harus tahu praktik-praktik cara membaca yang benar. Hal yang paling sering ditemukan adalah bacaan ghunnah. Oleh sebab itu pada artikel ini akan dijelaskan tentang apa itu ghunnah musyaddadah dan apa saja huruf ghunnah musyaddah itu?

Sebenarnya sudah ada teknologi yang mendeteksi tempat-tempat ghunnah dengan metode NEI dan LI. Namun sistem tersebut belum bisa diaplikasikan secar menyeluruh, hal ini membutuhkan banyak pihak dan keseriusan dalam menerapkannya.

huruf ghunnah
huruf ghunnah

Pengertian Ghunnah

Pertama, harus tahu terlebih dahulu tentang pengertian Ghunnah. Ghunnah secara bahasa adalah صوت في الخيشوم Shautun fi al-Khaysyum

Artinya: suara yang terdapat di pangkal hidung. 

Secara istilah di dalam kitab al-Burhan fi Tajwid al-Quran karya al-Shadiq Qamhawi adalah Suara dengung yang tersusun ketika mengucapkan huruf Nun dan Mim yang bertasydid. 

Oleh sebab itu, nama lain Ghunnah biasanya adalah Ghunnah Musyaddadah. Atau Berdengung sebab ada mim dan nun yang bertasydid. 

Setelah mengetahui tentang apa itu ghunnah, sekarang kita akan membahas tentang apa saja huruf-huruf ghunnah?

Huruf Ghunnah Musyaddadah

Huruf ghunnah musyaddadah hanya ada dua, yaitu nun dan mim. Selain dua huruf tersebut maka tidak perlu dibaca ghunnah atau berdengung. 

Contoh-contoh bacaan Ghunnah

Mengenai contoh bacaan ghunnah musyaddadah sangat banyak sekali, kita setiap membaca al-quran dipastikan sering menemukan huruf ghunnah tersebut. 

Al-Baqarah: 6

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا سَوَاۤءٌ عَلَيْهِمْ ءَاَنْذَرْتَهُمْ اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ - ٦

Lafaz inna adalah bacaan ghunnah. membacanya wajib dengan berdengung selama beberapa saat. Minimal 3 ketukan jika membaca secara pelan.

Al-Baqarah: 26

وَاَمَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَيَقُوْلُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ

Lafaz Amma adalah bacaan Ghunnah. Membacanya dengan berdengung Ammma. Kira-kira tiga ketukan.

Penutup

Sekian dulu pembahasan tentang pengertian ghunnah dan apa saja huruf ghunnah. Jika ada pertanyaan silakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Pengertian Ghunnah Musyaddah dan Apa saja huruf Ghunnah?"