Hukum Bacaan Ikhfa' dan Contohnya Lengkap

Di dalam hukum bacaan nun sukun dan tanwin pada ilmu tajwid, tentu kita mengenal dan akrab dengan bacaan ikhfa. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sekelumit penjelasan tentang bacaan ikhfa di dalam ilmu tajwid. Tulisan ini akan memberikan penjelasan tentang hukum bacaan ikhfa dan contohnya secara lengkap di dalam al-Quran. 

Apa itu Ikhfa? dan Pengertian Ikhfa

Ikhfa secara bahasa berasal dari bahasa Arab yang artinya samar. Itulah pengertian ikhfa secara bahasa. Sedangkan dalam istilah ilmu tajwid, ikhfa adalah setiap nun sukun atau tanwin bertemu dengan 15 huruf; di antaranya adalah ت، ث، ج، د، ذ، ز، س، ش، ص، ض، ط، ظ، ف، ق، ك 

Huruf Ikhfa

Jika ada pertanyaan ada berapakah huruf ikhfa? maka jawabannya adalah 15, dan kelima belas huruf ikhfa tersebut adalah ت، ث، ج، د، ذ، ز، س، ش، ص، ض، ط، ظ، ف، ق، ك 

Terkait dengan pengertian ikhfa silakan kembali pada penjelasan sebelumnya.

Cara Membaca Bacaan Ikhfa

Setelah mengetahui pengertian ikhfa dan huruf-huruf ikhfa, selanjutnya adalah bagaimana cara membaca bacaan ikhfa.

Terkait cara membaca bacaan ikhfa adalah dengan samar, artinya ketika menemukan bacaan ikhfa di dalam al-Quran maka cara membaca nun sukun yang bertemu dengan huruf ikhfa tersebut haruslah samar-samar. 

Misalnya pada contoh lafal berikut ini 

مِنْ تَحْتِها الاَنْهار

Keterangan Lafal di atas adalah bacaan ikhfa sebab nun sukun bertemu dengan huruf ta' (ت) huruf ta' tersebut merupakan salah satu huruf ikhfa yang ada 15 pada huruf pertama. Silakan lihat kembali huruf-huruf ikhfa di atas. 

Oleh sebab itu, cara membaca pada lafal di atas adalah dengan menyamarkan huruf nun lalu bersiap membaca huruf ta'.

Cara membaca bukan dengan min tahtiha, melainkan mi(ngt) tahtihal anhar. Jika dibaca mintahtiha, maka tidak ada ikhfa di sana, dan itu bisa keliru dalam membaca bacaan ikhfa. 

Apa itu Tartil?

Kebanyakan, orang mengartikan tartil itu pelan-pelan. Hal ini, dimungkinkan karena penerjemahan kata tartil di dalam al-Qur'an yang diartikan secara "pelan-pelan" Mungkin untuk menyederhanakan istilah saja. Masih banyak orang yang bertanya tentang apa itu tartil?

Tartil adalah hal yang sangat penting untuk diketahui, menurut Hasan (2018) menyebutkan bahwa metode-metode pembelajaran alquran saat ini banyak yang bertujuan untuk mentartilkan bacaan. Oleh sebab itu, pembelajaran tajwid seharusnya berpedoman pada cara-cara membaca alquran secara tartil (Khakimah, 2016)

Contoh Lengkap Bacaan Ikhfa

Dalam hal contoh bacaan ikhfa sangatlah banyak di dalam al-Qur'an. Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi bacaan ikhfa, silakan perhatikan contoh dalam bentuk gambar di bawah ini

contoh bacaan ikhfa

Kelima belas contoh bacaan ikhfa di atas adalah lengkap yang diambil dari al-Qur'an. Silakan diperhatikan dan dicermati agar memahami dengan baik. 

Contoh di atas bisa dijadikan sebagai acuan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar bacaan ikhfa di dalam ilmu tajwid. 

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait bacaan ikhfa yang ada di dalam ilmu tajwid, mulai dari pengertian ikhfa, huruf ikhfa hingga contoh-contohnya di dalam al-Quran. 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan cantumkan di kolom komentar. 

Post a Comment for "Hukum Bacaan Ikhfa' dan Contohnya Lengkap"