Pengertian Mad Farqi dan Contohnya di Dalam Al-Qur'an

Di dalam ilmu tajwid terdapat 13 macam mad. Salah satunya adalah mad farqi. Mungkin ketika membaca al-quran dan bertemu dengan Mad Farqi kita dengan mudah bisa membacanya, namun ketika ditanya? Ini bacaan apa? Sering kali masih ada yang kebingungan. Bacaan apa, ya? Nah, tulisan ini akan membahas tentang apa itu Mad Farqi, mulai dari pengertian Mad Farqi dan contoh-contohnya di dalam al-Qur'an. 

Pengertian mad farqi dan contohnya - ilmutajwid.my.id
ilmutajwid.my.id

Pengertian Mad Farqi

Mad Farqi merupakan salah satu bacaan mad tingkat lanjut dan jarang orang bisa mengetahui mad farqi ini. Beberapa media di internet kurang tepat memberikan definisi tentang Mad Farqi yang menjelaskan bahwa Mad Farqi adalah Mad badal bertemu dengan tasydid. 

Misalnya dari idntimes https://www.idntimes.com/life/inspiration/muhammad-tarmizi-murdianto/pengertian-cara-baca-dan-contoh-mad-farqi-di-al-quran/2

Media besar seperti tirto juga mendefinisikan demikian https://tirto.id/pengertian-mad-farqi-dan-contohnya-dalam-al-quran-gokt 

Agaknya redaksi tidak begitu tahu persoalan tajwid secara mendalam, alhasil menjelaskan Mad Farqi secara salah kaprah. Mad farqi bukan mad badal bertemu tasydid, sebab tidak semua mad badal itu berbentuk hamzah istifham. Silakan baca pengertian mad badal dan contohnya.

Bacaan Mad Farqi secara istilah yang tepat adalah Hamzah istifham yang bertemu dengan al (ال) yang menunjukkan isim ma'rifat. Secara bahasa farqi artinya pembeda, artinya mad farqi sebenarnya berfungsi sebagai pembeda tentang hamzah istifham dan hamzah khabariyyah.

Hamzah istifham adalah hamzah yang menunjukkan pertanyaan (meskipun tidak semuanya bermakna pertanyaan, adakalanya bermakna nafi) sedangkan hamzah khabariyyah adalah hamzah yang menunjukkan berita. 

Agar lebih mudah, perhatikan contoh-contoh di bawah ini tentang bacaan Mad Farqi dan contohnya di dalam al-Quran.

Contoh Mad Farqi

Sebagaimana sudah terpaparkan di atas, bahwa mad farqi adalah hamzah istifham yang bertemu dengan al (ال) ma'rifat. Berikut ini adalah beberapa contoh mad farqi di dalam alquran yang biasa anda temui. 

QS. Al-An'am ayat 144

قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ

Katakanlah, “Apakah yang diharamkan dua yang jantan atau dua yang betina, atau yang ada dalam kandungan kedua betinanya?

Pada lafal ءٰۤالذَّكَرَيْنِ adalah Mad Farqi sebab hamzah yang pertama memiliki status hamzah istifham lalu bertemu dengan al yang menunjukkan lafal tersebut ma'rifat

QS. An-Naml ayat 59

قُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَسَلٰمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰىۗ ءٰۤاللّٰهُ خَيْرٌ اَمَّا يُشْرِكُوْنَ ۔

Katakanlah (Muhammad), “Segala puji bagi Allah dan salam sejahtera atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya. Apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan (dengan Dia)?”

Pada kata ءٰۤاللّٰهُ hamzah pertama adalah istifham, meskipun bermakna nafi. Jadi secara makna berubah "Tidakkah Allah itu lebih baik daripada sesuatu yang mereka persekutukan dengan Dia?" Secara kaidah namanya hamzah istifham, namun secara makna artinya hamzah yang menafikan.

QS. Yunus ayat 59

قُلْ اَرَءَيْتُمْ مَّآ اَنْزَلَ اللّٰهُ لَكُمْ مِّنْ رِّزْقٍ فَجَعَلْتُمْ مِّنْهُ حَرَامًا وَّحَلٰلًا ۗ قُلْ اٰۤللّٰهُ اَذِنَ لَكُمْ اَمْ عَلَى اللّٰهِ تَفْتَرُوْنَ

Katakanlah (Muhammad), “Terangkanlah kepadaku tentang rezeki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan sebagiannya halal.” Katakanlah, “Apakah Allah telah memberikan izin kepadamu (ten-tang ini) ataukah kamu mengada-ada atas nama Allah?”

Hal ini sama dengan contoh sebelumnya pada QS. An-Naml 59 di atas. Status hamzah pada lafal اٰۤللّٰهُ adalah hamzah istifham yang bermakna nafi

Panjang Mad Farqi

Dalam hal panjang, mad farqi memiliki panjang 3 alif atau 6 harakat. Bacaan riwayat Imam Hafs memiliki dua model, yaitu dengan cara panjang dan dengan cara tashil, yaitu membaca hamzah di tengah-tengah makhraj ha' dan hamzah.

Lebih kurang cara bacanya kalau ditulis adalah ahazzakarain... ahallah... 

Lebih baik anda bertanya kepada guru tajwid anda bagaimana membaca tashil pada bacaan Mad Farqi hal ini berguna untuk mengindari kesalahan membaca (lahn) dalam al-quran.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat, jika ada pertanyaan silakan cantumkan pada kolom komentar. 

Post a Comment for "Pengertian Mad Farqi dan Contohnya di Dalam Al-Qur'an"