Apa itu Mad Ashli [Mad Thabi'i] dan Contohnya di dalam Al-Qur'an

Mad asli atau mad Thabi'i merupakan mad yang paling banyak ditemukan ketika membaca al-Qur'an. Oleh sebab itu, sangat mudah sebenarnya memahami tentang Mad Asli atau Mad Thabi'i tersebut. Namun ternyata hal tersebut masih ada yang belum memahami tentang mad ashli. Secara bacaan sudah benar, namun ketika ditanya tentang mad ashli, bisa jadi tidak tahu. 

Hal ini sangat wajar sekali, sebab ilmu tajwid adalah ilmu praktis, bukan sekadar teortis saja. 

pengertian mad ashli atau mad thabii
mad ashli - ilmutajwid.my.id

Penguasaan dalam memahami mad di ilmu tajwid sangat penting, sebab hal itu bisa meningkatkan kemampuan pembacaan al-Quran bagi orang muslim (Istiqomah, 2022). Selain itu, memahami mad dalam ilmu tajwid juga termasuk menjaga bacaan agar bisa tartil dan sesuai kaidah membaca ilmu al-Quran.

Pengertian Mad Asli 

Mad Asli yang mempunyai nama lain mad thab'i terdiri dari dua kata, yaitu Mad dan Asli. Secara bahasa Mad berasal dari Bahasa Arab yang artinya Memanjangkan (al-Amaniy: 2022) sedangkan thabi'i adalah dasar atau pokok. Jadi, mad Asli secara bahasa artinya adalah mad yang menjadi pokok dari semua bacaan mad di dalam al-Qur'an. 

Secara istilah dalam ilmu tajwid pengertian Mad Asli dalam ilmu tajwid yaitu setiap ada harakat fathah ( ـَ  )yang diikuti alif ـا , harakat kasrah ( ـِ  ) diikuti ya' (يْ) sukun dan harakat dammah ( ـُ ) diikuti wawu sukun ( وْ ). 

Dari penjelasan di atas, sekiranya sangat memahamkan dengan mudah, sebab hanya ada 3 karakter dari mad asli tersebut. 

Agar lebih memudahkan lagi, coba perhatikan contoh-contoh mad thabi'i atau mad asli yang ada di dalam al-Qur'an sebagai berikut ini

Contoh Mad Thabi'i di dalam Al-Qur'an

Contoh dalam hal ini cukup satu ayat saja, karena mad asli atau mad thabii di dalam alquran sangat banyak sekali. Semoga setelah membaca artikel ini dimudahkan dalam memahami bacaan mad di dalam alquran. 

QS. Al-Baqarah ayat 3

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۙ

Tulisan latinnya QS. Al-Baqarah 3
allażīna yu`minụna bil-gaibi wa yuqīmụnaṣ-ṣalāta wa mimmā razaqnāhum yunfiqụn

Terjemah QS. Al-Baqarah 3
"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka"

Perhatikan catatan berikut ini

  1. Lafaz allazina adalah mad thabii sebab zal yang berharakat kasrah bertemu dengan ya' sukun.
  2. Lafaz Yu'minuuna adalah mad thabi'i atau mad asli sebab huruf nun yang berharakat dlammah bertemu dengan wawu sukun
  3. Lafaz mimma adalah mad thab'i sebab mim yang berharakat fathah bertemu dengan alif setelahnya.

Panjang Mad Thabi'i

Panjang mad Ashli atau mad Thabi'i adalah dua harakat atau sama dengan satu alif. Dari Mad Asli ini akan memunculkan variasi macam mad sesuai dengan huruf dan harakat yang ditemuinya. 

Tebak-tebakan deh...

Ada berapa mad asli pada ayat tersebut? 

Jawab di kolom komentar, ya... 

Semoga bermanfaat artikel tentang pengertian mad thabi'i atau mad asli ini. Semoga selalu mendapatkan nikmat dalam membaca al-Qur'an. 

Post a Comment for "Apa itu Mad Ashli [Mad Thabi'i] dan Contohnya di dalam Al-Qur'an"