Pengertian Mad Tamkin dan Contohnya di dalam Al-Qur'an

Mad tamkin merupakan salah satu mad yang disamakan dengan mad tabi'i. Sebab secara hukum dan kadar panjangnya sama yakni 2 harakat atau satu alif. Meski demikian, pengertian mad tamkin berbeda dengan mad tabi'i. Oleh sebab itu, pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian mad tamkin dan contohnya di dalam al-Quran. 

mad tamkin dan contohnya

Apa itu Mad Tamkin

Mad tamkin adalah setiap huruf ya' yang bertasydid dan berharakat kasrah bertemu dengan ya' sukun. Dinamakan mad tamkin karena mad tersebut terjadi disebabkan menempati tasydid. (Sulaiman: n.d)

Itulah pengertian mad tamkin secara ringkas dan sederhana. 

Jadi, kami ulangi lagi mad tamkin artinya setiap huruf ya' yang bertaysdid sekaligus berharakat kasrah bertemu dengan ya' mati atau ya' sukun. 

Berapa Panjang Mad Tamkin

Kadar panjang dari mad tamkin adalah 2 harakat tidak boleh lebih atau kurang. bahkan ada ulama yang mengatakan jika mengurangi kadar mad tamkin kurang dari 2 harakat bisa haram, atau terjebak pada lahn jalliy (Mahdi: ٢٠٠٥

Dari penjelasan di atas, jika ada pertanyaan berapa panjang mad tamkin? maka jawabannya adalah 2 harakat, tidak boleh lebih dan atau pun kurang. 

Contoh Mad Tamkin

contoh di Mad tamkin di dalam al-Quran sebenarnya sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa contoh dari mad tamkin. 

QS. Al-Baqarah; 61

وَاِذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نَّصْبِرَ عَلٰى طَعَامٍ وَّاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ مِنْۢ بَقْلِهَا وَقِثَّاۤىِٕهَا وَفُوْمِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۗ قَالَ اَتَسْتَبْدِلُوْنَ الَّذِيْ هُوَ اَدْنٰى بِالَّذِيْ هُوَ خَيْرٌ ۗ اِهْبِطُوْا مِصْرًا فَاِنَّ لَكُمْ مَّا سَاَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاۤءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ

Bacaan latin: wa iż qultum yā mụsā lan naṣbira 'alā ṭa'āmiw wāḥidin fad'u lanā rabbaka yukhrij lanā mimmā tumbitul-arḍu mim baqlihā wa qiṡṡā`ihā wa fụmihā wa 'adasihā wa baṣalihā, qāla a tastabdilụnallażī huwa adnā billażī huwa khaīr, ihbiṭụ miṣran fa inna lakum mā sa`altum, wa ḍuribat 'alaihimuż-żillatu wal-maskanatu wa bā`ụ bigaḍabim minallāh, żālika bi`annahum kānụ yakfurụna bi`āyātillāhi wa yaqtulụnan-nabiyyīna bigairil-ḥaqq, żālika bimā 'aṣaw wa kānụ ya'tadụn

Artinya Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah.” Dia (Musa) menjawab, “Apakah kamu meminta sesuatu yang buruk sebagai ganti dari sesuatu yang baik? Pergilah ke suatu kota, pasti kamu akan memperoleh apa yang kamu minta.” Kemudian mereka ditimpa kenistaan dan kemiskinan, dan mereka (kembali) mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.

Perhatikan pada kata yang diberi tanda kuning. Kata an-Nabiyyiina adalah bacaan mad tamkin. Panjang mad tamkin 2 harakat saja, tidak boleh melebihi kadar tersebut. 

QS. An-Nisa ayat 86

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Bacaan latin: wa iżā ḥuyyītum bitaḥiyyatin fa ḥayyụ bi`aḥsana min-hā au ruddụhā, innallāha kāna 'alā kulli syai`in ḥasībā

Artinya: Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Perhatikan kata huyyiitum pada ayat di atas diberi tanda warna kuning. Kata huyyiitum adalah contoh dari bacaan mad tamkin. Panjangnya hanya dua harakat saja, tidak boleh lebih dari kadar tersebut. 

QS. Ali-Imran 75

وَمِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مَنْ اِنْ تَأْمَنْهُ بِقِنْطَارٍ يُّؤَدِّهٖٓ اِلَيْكَۚ وَمِنْهُمْ مَّنْ اِنْ تَأْمَنْهُ بِدِيْنَارٍ لَّا يُؤَدِّهٖٓ اِلَيْكَ اِلَّا مَا دُمْتَ عَلَيْهِ قَاۤىِٕمًا ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْا لَيْسَ عَلَيْنَا فِى الْاُمِّيّٖنَ سَبِيْلٌۚ وَيَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ

Bacaan latin: wa min ahlil-kitābi man in ta`man-hu biqinṭāriy yu`addihī ilaīk, wa min-hum man in ta`man-hu bidīnāril lā yu`addihī ilaika illā mā dumta 'alaihi qā`imā, żālika bi`annahum qālụ laisa 'alainā fil-ummiyyīna sabīl, wa yaqụlụna 'alallāhil-każiba wa hum ya'lamụn

Terjemahan: Dan di antara Ahli Kitab ada yang jika engkau percayakan kepadanya harta yang banyak, niscaya dia mengembalikannya kepadamu. Tetapi ada (pula) di antara mereka yang jika engkau percayakan kepadanya satu dinar, dia tidak mengembalikannya kepadamu, kecuali jika engkau selalu menagihnya. Yang demikian itu disebabkan mereka berkata, “Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang buta huruf.” Mereka mengatakan hal yang dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui.

Perhatikan kata ummiyyiina pada kata yang diberi tanda kuning di atas, pada lafal tersebut adalah contoh bacaan mad tamkin, kadar panjangnya adalah 2 harakat tidak boleh kurang dan lebih. 

Penutup

Demikian adalah pembahasan tentang pengertian mad tamkin dan contohnya di dalam alquran. Semoga mudah dipahami, jika ada pertanyaan silakan cantumkan di kolom komentar. 

Semoga tulisan ini bermanfaat. Amin... 

Post a Comment for "Pengertian Mad Tamkin dan Contohnya di dalam Al-Qur'an"