Hukum Bacaan Iqlab, Contoh, Pengertian dan Cara Membaca

Salah satu dari hukum Nun sukun dan tanwin adalah bacaan iqlab. Secara tulisan bahasa arab ditulis اقلاب di dalam ilmu tajwid, hukum bacaan iqlab termasuk salah satu pembacaan dalam hukum nun sukun dan tanwin, sebagaimana yang sudah tersebut di atas. 

contoh iqlab

Pengertian Iqlab

Pengertian bacaan iqlab adalah setiap nun sukun atau tanwin (نْ / ــًــٍـــٌ) bertemu huruf ب (ba'). Di dalam al-Quran biasanya ditandai dengan huruf mim (م) kecil di atas huruf ب disebabkan setiap pertemuan nun sukun atau tanwin dengan ba' cara membacanya adalah seperti membaca mim. Jadi, huruf iqlab hanya ada satu, yaitu ba' saja (ب)

Oleh sebab itu, secara bahasa arti kata iqlab adalah membalikkan atau menukar huruf. Artinya menukar huruf nun sukun dengan ba' dan disertai dengung. Ini seperti bacaan ikhfa, atau sama dengan idgham. Jika dibaca dengan dengan mim, maka seperti idgham, jika dibaca tanpa mulut tertutup maka seperti ikhfa. 

Contoh Bacaan Iqlab dan Cara Membacanya

Contoh bacaan iqlab adalah setiap nun sukun atau tanwin bertemu dengan ba' saja. Misalnya pada ayat 

مِنْ بَعْدِ  secara tulisan min ba'di namun dibaca mimmba'di. Cara membacanya harus disertai dengung. 

مَنْ بَخِلَ  secara tulisan man bakhila, namun dibaca mambakhila. Cara membacanya harus disertai dengung pula. 

صُمٌّ بُكْمٌ  secara tulisan terbaca shummun bukmun, namun dibaca shummummbukmun. Cara membacanya harus disertai dengung.

Ketiga contoh di atas sudah sangat membantu dalam mengetahui bacaan iqlab terkait pengertian, contoh dan cara membaca bacaan iqlab. 

Hukum Membaca Alquran dengan Tajwid

Hukum membaca alquran sesuai kaidah tajwid adalah fardu ain atau wajib bagi individu setiap muslim. Namun dalam hal mempelajarinya adalah fardu kifayah, atau wajib bagi individu pada setiap kelompok. 

Misalnya di dalam satu desa, harus ada satu orang yang mempelajari ilmu tajwid ini agar menggugurkan kewajiban semua penduduk desa tersebut. 

Oleh sebab itu, sebaiknya menjadi muslim harus mengetahui keduanya, baik secara praktik membaca alquran harus sesuai hukum tajwid, maupun mengetahui secara teoritis ilmu-ilmu tajwid tersebut. Silakan membaca artikel berjudul Hukum Mempelejari Ilmu Tajwid.

Demikian pembahasan tentang hukum bacaan iqlab mulai dari contoh, pengertian hingga cara membacanya. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaaat. 

Post a Comment for "Hukum Bacaan Iqlab, Contoh, Pengertian dan Cara Membaca"