Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi beserta Contohnya

Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi beserta contohnya di dalam al-Qur'an. Mempelajari ilmu tajwid harus mengerti tentang kaidah dan hukum bacaan, salah satunya adalah Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi. Ada pula yang menuliskan mad lazim kilmi mutsaqqal. 

Pengertian Mad lazim mutsaqqal kilmi
ilmutajwid.my.id

Apa pengertian Mad Lazim Mutsaqal Kilmi? 

Mad Lazim Mutsaqal Kilmi atau mad lazim kilmi mutsaqqal adalah Mad Ashil/Mad Thabi'i yang bertemu dengan tasydid di dalam satu kalimat. 

Berapa Panjang Mad Lazim Mutsaqal Kilmi?

Panjang dari Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi adalah 3 alif atau setara dengan 6 harakat.

Contoh Mad Lazim Mutsaqal Kilmi

Jika diteliti di dalam al-Quran, bacaan mad lazim mutsaqal kilmi tergolong sedikit. Silakan perhatikan contoh-contoh berikut ini

1. QS. Al-Fatihah ayat 7 

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ - ٧

Artinya

"(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

Perhatikan lafal  وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ

Huruf Laa adalah mad asli/thabi'i lalu bertemu dengan tasydid. 

2. QS. Al-Baqarah ayat 164

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِى الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ مِنْ مَّاۤءٍ فَاَحْيَا بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَاۤبَّةٍ ۖ وَّتَصْرِيْفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ - ١٦٤

Artinya

"Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti."

Lafal yang diberi tanda kuning adalah mad lazim mutsaqal kilmi yang memiliki panjang 3 alif atau setara 6 harakat. 

3. QS. An-Naziat ayat 34

فَاِذَا جَاۤءَتِ الطَّاۤمَّةُ الْكُبْرٰىۖ - ٣٤

Artinya

"Maka apabila malapetaka besar (hari Kiamat) telah datang,"

Kata yang diberi tanda kuning adalah bacaan mad lazim mutsaqal kilmi yang panjangnya 6 harakat atau 3 alif. 

Penutup

Demikianlah pengertian tentang mad lazim mutsaqal kilmi atau mad lazim kilmi mutsaqqal dan contoh-contohnya di dalam al-Qur'an. Jika ada pertanyaan silakan di kolom komentar. 

Post a Comment for "Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi beserta Contohnya"