Pengertian Mad Iwad dan Contoh Mad Iwadh di Dalam Al-Qur'an

Ketika membaca al-Qur'an, kita tidak hanya disuruh untuk tartil, tetapi juga tahu tentang hukum-hukum mad. Salah satunya adalah Mad Iwadh. Artikel ini akan membahas tentang apa itu Mad Iwadh. Mulai dari pengertian mad iwadh dan contoh-contohnya di dalam al-Quran. 

contoh mad iwadh
apa itu mad iwadh

Apa itu Mad Iwad? 

Pengertian dari Mad Iwadh adalah setiap ada harakat tanwin ـــاً yang dibaca waqaf atau berhenti. Dinamakan Mad Iwadh karena secara bahasa iwad artinya adalah ganti. Maksudnya tanwin tersebut adalah gantian dari nun. 

Jadi, syarat dari Mad Iwadh ini harus waqaf, sama seperti bacaan mad Arid lissukun. 

Mengapa bisa demikian? Silakan mendengarkan penjelasan di saluran Youtube berikut ini. 

Di dalam video di atas, mad iwadh selalu dalam keadaan waqaf. Oleh sebab itu, jika dibawa washal maka tidak berlaku lagi mad, namun harus dibaca pendek. 

Contoh Mad Iwadh Juz 5 surat An-Nisa'

وَلَا تُؤْتُوا السُّفَهَاۤءَ اَمْوَالَكُمُ الَّتِيْ جَعَلَ اللّٰهُ لَكُمْ قِيٰمًا وَّارْزُقُوْهُمْ فِيْهَا وَاكْسُوْهُمْ وَقُوْلُوْا لَهُمْ قَوْلًا مَّعْرُوْفًا - ٥

"Dan janganlah kamu serahkan kepada orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaan) kamu yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang baik"

Jika pada kata ma'rufan dibaca waqaf, maka harakatnya dihilangkan satu, jadinya panjang yaitu ma'rufaa.

Contoh kedua agar lebih memahami secara jelas dan gamblang. Masih di surat An-Nisa juz 5. 

Surat An-Nisa jika diperhatikan memang banyak sekali bacaan mad iwadh yang ditemukan di sana, hampir semuanya akhir ayat dari surat an-nisa adalah bacaan Mad Iwadh. 


اِنَّ اللّٰهَ جَامِعُ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْكٰفِرِيْنَ فِيْ جَهَنَّمَ جَمِيْعًاۙ - الَّذِيْنَ يَتَرَبَّصُوْنَ بِكُمْۗ 

Perhatikan kata jami'an dan alladzina. Jika berhenti atau waqaf pada lafal jami'an, maka harus dibaca panjang jamiaa sepanjang dua harakat. 

Namun, jika dibaca washal maka harus dikembalikan asalnya yaitu terdapat nun kecil. Membaca washal ayat tersebut menjadi jamiianilladzina yatarabbashuna bikum. 

Oleh sebab itu, nun kecil tersebut disebut sebagai nun iwadh, atau ganti dari tanwin. 

Coba lihat lagi penjelasan pada video di atas tersebut. Anda akan mendapatkan pengetahuan kenapa hal itu bisa terjadi pada nun dan tanwin. 

Simpulan

Demikian penjelasan tentang pengertian mad iwad dan apa itu nun iwadh, semoga memberikan pemehaman yang lebih jelas. Semoga Allah selalu memberikan kita kenikmatan dalam mempelajari dan membaca alquran. Amin...

Post a Comment for "Pengertian Mad Iwad dan Contoh Mad Iwadh di Dalam Al-Qur'an"